Selamat Datang di Web SD Negeri 1 Timuhun, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 di SD Negeri 1 Timuhun

Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023

di SD Negeri 1 Timuhun

LATAR BELAKANG

Menindak lanjuti Surat Edaran Gubernur Bali Nomor: 73 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 di Provinsi Bali dan Kota/Kabupaten, dengan mengusung tema “Segara Kerthi- Campuhan Urip Sarwa Prani” yang bermakna Bulan Bahasa sebagai altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali sebagai awal dan akhir kehidupan segenap makhluk. 

Peringatan Bulan Bahasa Bali pada tahun ini, SD Negeri 1 Timuhun berkolaborasi dengan Gugus Wibisana. Kegiatan dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan di sekolah pada tanggal 16 Februari 2023 yaitu kegiatan lomba-lomba dan panggung apresiasi sastra (Sesolahan) sedangkan pada tahap kedua tanggal 28 Februari 2023 dilaksanakan lomba (Wimbakara) di tingkat gugus.

Pada panggung apresiasi sastra (sesolahan) ditampilkan pertunjukan tradisi khas Kabupaten Klungkung dan seni pertunjukkan Bali modern. Pada tingkat gugus dilaksanakan beberapa jenis lomba yaitu memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Bali, memperkenalkan bagian tubuh menggunakan Bahasa Bali, menyanyikan lagu Bali, membaca puisi Bali, mesatua Bali, dan menulis Aksara Bali.

TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN
Tujuan dan manfaat penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali adalah sebagai berikut: 
  1. Sebagai upaya pelindungan dan pemeliharaan kelestarian Bahasa, Aksara dan Sastra Bali 
  2. Sebagai langkah pengembangan dan penyebarluasan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali 
  3. Sebagai upaya pendayagunaan pemajuan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali untuk menguatkan ideologi politik ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. 
  4. Untuk meningkatkan mutu penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali melalui kegiatan-kegaitan festival, seminar, lomba, pertunjukan dan lain sebagainya.

Kegiatan Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 mengangkat tema: 
“Segara Kerthi – Campuhan Urip Sarwa Prani”

Kegiatan Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali 2023 di SD Negeri 1 Timuhun diselenggarakan pada tanggal 16 dan 28 Februari tahun 2023 dengan rincian kegiatan sebagai berikut:

Jadwal Kegiatan Bulan Bahasa Bali 2023 SD Negeri 1 Timuhun


Pada hari Selasa, 28 Februari 2023. Peringatan Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 diselenggarakan oleh Gugus IV Wibisana Kecamatan Banjarangkan. Pada lomba ini, siswa SDN 1 Timuhun mendapatkan: 
Juara 1 Lomba Nyihnayang Angga 
Juara 1 Lomba Nyihnayang Angga Sarira 
Juara 1 Lomba Megending Rare 
Juara Harapan 2 Lomba Puisi Bali 
Juara Harapan 2 Lomba Mesatua 
Juara Harapan 3 Lomba Nyurat Aksara Bali 

Terima kasih pada guru kelas 1-6 sudah membina siswa sehingga bisa ikut serta berpartisipasi pada lomba-lomba yang diselenggarakan. 

Dokumentasi Kegiatan di SDN 1 Timuhun



Kegiatan dihadiri oleh Bapak Komite SD Negeri 1 Timuhun


Dokumentasi Kegiatan di Gugus Wibisana



Kegiatan dihadiri oleh Bapak Korwil Disdikpora Kecamatan Banjarangkan

0 Komentar